Rabu, 03 April 2013

Peneliti Temukan Rahasia PANJANG UMUR dari Kopi Yunani


Siapa sih yang tak ingin panjang umur dan sehat? Sayangnya tak banyak yang tahu rahasia jitu untuk mendapatkannya. Dengan motivasi yang sama, sekelompok peneliti pun mencoba menengok kehidupan populasi orang-orang berumur terpanjang di dunia yang tinggal di Yunani yaitu masyarakat Pulau Ikaria untuk mendapatkan rahasia panjang umur mereka.



Seperti pernah ditulis sebelumnya, penduduk pulau ini tercatat memiliki umur terpanjang di dunia. Rata-rata setiap orang yang tinggal di pulau tersebut usianya mencapai 100 tahun. Dari situ peneliti pun menyimpulkan bahwa rahasia masyarakat Pulau Ikaria adalah kopi Yunani.



Kesimpulan itu diperoleh setelah tim peneliti yang dipimpin oleh Gerasimos Siasos, doktor dan profesor di bidang kedokteran dari University of Athens Medical School, Yunani merekrut 71 pria dan 71 wanita dari Pulau Ikaria yang berusia antara 66-91 tahun untuk terlibat dalam studi mereka. Ternyata 87 persen partisipan rutin minum kopi Yunani dengan komposisi 40 persen konsumsi kopi dalam jumlah 'rendah', 48 persen 'sedang' dan 13 persen 'tinggi' setiap harinya.


Setiap partisipan juga diminta menjawab kuesioner tentang gaya hidup, kondisi kesehatan secara umum dan konsumsi kopinya. Tak hanya itu partisipan pun menjalani screening kesehatan secara rutin, termasuk pengukuran tekanan darah, kadar kolesterol, pengecekan risiko diabetes dan fungsi sel endotelial-nya.

Hasilnya, dibandingkan dengan orang yang minum kopi biasa, fungsi sel endotelial peminum kopi Yunani terlihat jauh lebih baik, bahkan diantara orang yang mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Sel endotelial adalah sel-sel yang membentuk jaringan bernama endotelium di dalam pembuluh darah. Jika sel ini 'sehat' maka pembuluh darah juga ikut sehat, artinya dapat berkontraksi dan berelaksasi secara normal. Lain halnya jika pembuluh darah 'sakit' maka penyakit seperti diabetes, serangan jantung, stroke dan masalah kronis lainnya akan mudah menyerang.

Bahkan yang tak kalah mengejutkan, kopi Yunani diketahui tidak memberikan dampak negatif apapun terhadap tekanan darah orang yang mengonsumsinya. Untuk memastikannya, peneliti telah membandingkan kondisi orang yang meminum berbagai jenis kopi, termasuk kopi instan, kopi rebus, 'cappuccino' atau kopi yang telah disaring.

"Kopi Yunani kaya akan polifenol dan antioksidan serta hanya mengandung kafein dengan kadar sedang. Tampaknya ketiga hal itu telah memberikan kombinasi manfaat yang tak dimiliki kopi lainnya," tandas Siasos seperti dilansir emaxhealth, Kamis (21/3/2013).

Tak hanya kopi, peneliti juga menemukan bahwa masyarakat Ikaria mengonsumsi obat-obatan herbal, teh dan madu yang hanya ada di pulau tersebut dan tidak ditemukan di tempat lain di penjuru dunia, serta memiliki kadar stres yang rendah. Bisa jadi konsumsi bahan-bahan itulah yang menjadikan masyarakat Pulau Ikaria menjadi orang-orang dengan harapan hidup terpanjang di dunia.


Sabtu, 30 Maret 2013

It's All About Web

Mungkin banyak sekali masyarakat yang pernah mendengar yang namanya "Web", namun mungkin mereka tidak tahu mengenai apa si itu web..?? bagaimana sejarahnya..?? bangaimana perkembangan web..?? apa saja arsitektur web dan aplikasinya..?? apa saja institusi pengelola web..?? dan apa aspek hukum dan etika pada internet..?? Ini dia penjelasannya.....




1.      Definisi Web Science

Menurut struktur katanya, Web Science terdiri atas kata "Web" dan kata "Science", dimana kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda. Berikut merupakan penjelasan dari definisi kedua kata tersebut sehingga dapat membentuk suatu istilah baru yang disebut dengan "Web Science".
Web atau Website merupakan suatu halaman informasi yang disediakan melalui jalur Internet, sehingga web dapat diakses di mana saja selama web tersebut terhubung atau terkoneksi dengan jaringan internet. Web merupakan alat komunikasi online yang menggunakan media internet dalam pendistribusian atau penyebarannya. Web merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi dengan berbagai macam jenis. Diantaranya berupa data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik web tersbut bersifat statis maupun bersifat dinamis yang akan membentuk suatu rangkaian yang saling terkait dimana masing-masing rangkaian tersebut dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman yang disebut dengan hyperlink.
Berikutnya pengertian tentang Science. Science atau sains sangat erat hubungannya denga Ilmu Pengetahuan, banyak yang mendefinisikan bahwa sains itu sama dengan Ilmu Pengetahuan. Namun menurut bahasa, sains adalah aktivitas pemecahan masalah yang dilakukan oleh manusia yang dimotivasi oleh rasa ingin tahu tentang dunia sekitar mereka dan keinginan untuk memahami suatu hal atau kejadian tersebut.
Sedangkan yang dimaksud dengan Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam web science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar memunculkan minat orang banyak untuk membaca web tersebut.Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang pendidikan.

2.      Sejarah Web

Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.
Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications).
Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.
Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.
Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft. Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Pada awal perkembangannya, sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site. Dan diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai Web telah mencapat sekitar 30-an juta pemakai diseluruh dunia.

3.      Web 1.0, 2.0, 3.0

Ø  Web 1.0
Web 1.0 adalah merupakan teknologi web yang pertama kali digunakan dalam aplikasi world wide web, atau ada yang menyebut web 1.0 sebagai www itu sendiri yang banyak digunakan dalam situs web yang bersifat personal.
Ø  Web 2.0
Istilah web 2.0 di pakai untuk menggabarkan aplikasi-aplikasi internet generasi baru yang merevolusi cara kita menggunakan internet. Semua aplikasi ini membawa kita masuk ke babak baru pengguna internet yang berbeda dengan generasi sebelumnya yaitu web 1.0 pada pertengahan tahun 1990-an.
Ø  Web 3.0
Web 3.0 adalah generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Kosep web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001. Web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman web. Hal ini berarti bahwa mesin akan memiliki kemampuan membaca web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang ini.

4.      Arsitektur Web dan Aplikasinya

Model-View-Controller atau MVC adalah sebuah metode untuk membuat sebuah aplikasi web dengan memisahkan data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller). Dalam implementasinya kebanyakan framework  dalam apilaksi website  adalah berbasis arsitektur  MVC. MVC memisahkan pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi data, antarmuka pengguna, dan bagian yang menjadi kontrol dalam sebuah aplikasi web.
Struts adalah Frame Work Open Source yang di pakai untuk membangun aplikasi berbasis Web. yang sudah terinstregasi dengan standard technologi seperti Servlet, Java Beans dan Java Server Pages. Struts memiliki banyak keuntungan bagi pengembang web aplikasi. Juga sangat cocok dalam penerapan MVC di aplikasi berbasis web.

5.      Institusi Pengelola Web

ISP adalah Internet Service Provider (ISP) atau Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah sebuah perusahaan atau sebuah organisasi yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain - lain.

6.      Aspek Hukum dan Etika Pada Internet

Di internet juga mempunyai aspek hukum dan etika di dalam penjelasan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) menyebutkan bahwa, saat ini telah lahir suatu rezim hukum baru yang dikenal dengan hukum siber atau hukum telematika. Hukum siber atau cyber law, secara internasional digunakan untuk istilah hukum yang terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Demikian pula, hukum telematika yang merupakan perwujudan dari konvergensi hukum telekomunikasi, hukum media, dan hukum informatika. Istilah lain yang juga digunakan adalah hukum teknologi informasi (law of information technology), hukum dunia maya (virtual world law), dan hukum mayantara.
Ø  Hukum akan dipengaruhi oleh perkembangan teknologi,
Ø  Hukum akan mempengaruhi perkembangan teknologi,
Ø  Hukum teknologi akan saling mempengaruhi (bersinergi)


Rabu, 24 Oktober 2012

What's New Media?


A. DEFINISI NEW MEDIA





Saat ini banyak sekali masyarakat yang membicarakan dan menggunakan New Media. Bagi kalangan menengah keatas tentu sangat tidak asing lagi dengan adanya New Media baik digunakan dalam bidang pendidikan maupun bidang komunikasi seperti  jejaring sosial  yang sangat marak saat ini, yaitu website, blog, facebook, twitter, dan sebagainya. Namun kebanyakan mereka belum mengetahui apa sebenarnya new media itu dan manfaatnya. Untuk itu saya akan membahas mengenai “New Media”.
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya.
Menurut wikipedia New Media itu adalah sebuah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh New Media adalah Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD.

B. PANDANGAN NEW MEDIA


Banyak orang yang menyalah artikan apa saja yang termasuk kedalam aplikasi New Media. Bahkan ada yang mengatakan bahwa televisi juga merupakan salah satu aplikasi New Media. Namun, sangat tidak tepat untuk memasukkan televisi sebagai bagian dari media baru. Media baru secara sederhana adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum, dsb yang menggunakan komputer sebagai media-nya. Jadi, sangatlah tidak tepat untuk memasukkan televisi, radio apalagi media cetak sebagai bagian dari media baru.
     Setiap orang dapat menjadi author, publisher, sekaligus audience di new media. Karena itu diharapkan new media bisa jadi media independen sekaligus menumbuhkan citizen journalism, dimana setiap orang dapat berpartisipasi dalam memberi informasi dan berita. Setiap orang tak mesti harus jadi wartawan dulu baru dapat menulis berita. Masyarakat luas dapat melakukannya melalui new media. Kita tak mutlak harus dapat berita dari penerbit surat kabar dan televisi tertentu. New media tentu siap memberi informasi dan berita kapanpun dan dimanapun kita berada.

C. MANFAAT NEW MEDIA

New Media memiliki manfaat untuk kita, dengan New Media kita akan mendapatkan Informasi – informasi dengan mudah dan cepat, berikut ini manfaat New Media :
• Bidang Pendidikan.
Dengan adanya EBOOK,sangat memudahkan mahasiswa untuk belajar dan mencari materi serta lebih praktis.
• Bidang Pencarian Kerja
Memudahkan seseorang untuk mengetahui lowongan pekerjaan disuatu tempat.
• Bidang Sosial
Dengan hadirnya Facebook, Twitter, Yahoo, Blog, hal tersebut sangat membantu untuk kita berinteraksi dengan seseorang.
• Bidang Jual Beli
Bidang ini juga adalah bidang yang bayak di akses orang, karena pembeli dan penjual sama” enak , sebagai contoh adalah pembeli yang mempunyai sifat malas untuk dating ke store” yang menjual barang yang di inginkan  dapat mengakses website strore yang memiliki barang yang di inginkan.
Kekurangan New Media
Selain memiliki kelebihan/manfaat, New Media juga mempunya kekurangan. Berikut ini kekurangan dari New Media :
1.    Rawan akan pencurian data, karena data dikirimkan secara online otomatis semua orang bisa mengakses hal tersebut. Contohnya saja hacker yang selalu saja bisa membobol privasi seseorang dan mencuri data data pentingnya.
2.    Virus, tidak dapat dipungkiri hal yang satu ini adalah yang paling sering ditemukan. Contohnya dengan mengirimkan aplikasi aplikasi yang tidak dikenal oleh user, ditambah dengan sikap penasaran si user tersebut untuk mencoba aplikasi tersebut yang ternyata adalah sebuah virus komputer.
3.    Sifat malas, dengan mudahnya untuk mengakses berbagai macam data dan informasi tentunya kita akan merasa malas untuk berpergian, karena semua tugas, pekerjaan semua bsia diakses dan dikerjakan secara online. Jadi hanya tinggal duduk di depan komputer dan mengerjakan tugas -tugas tersebut dan akan lebih cepat selesai tentunya.

D. KOMPONEN NEW MEDIA


Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Email, Plurk, Heello, FourSquare, dan lain sebagainya.

            Dengan SmartPhone kita dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi yang kita dapatkan sesuai dengan kenyataan. Misalkan di situs jejaring Twitter, kita dapat mendapatkan informasi tentang kejadian sekitar dengan memfollow akun yang berhubungan dengan berita yang baru. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.

E. APLIKASI NEW MEDIA

Beberapa aplikasi yang termasuk kedalam new media adalah,
1. Facebook
     Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan olehFacebook, Inc. [3]  Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
2.      Twitter
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan[7] (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
3.      Youtube
 YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip videosecara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri.[2] Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player.
4.      Google+ ( Google Plus)
 Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba. Google+ mengintegrasikan layanan sosial seperti Google Profile dan Google Buzz, dan memperkenalkan layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles.[3] Google+ juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi hanya pada Android dan sistem operasi iOS.
5.      Instagram

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.[1] Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peralatan bergerak.


 Source :

http://trypurwanto.blogspot.com/2012/10/konsep-dasar-new-media.html


Minggu, 03 Juni 2012

The Miracle Of Ricardo Kaka

Tema IBD : Manusia dan Harapan

Kali ini saya akan menulis sebuah artikel mengenai manusia dan harapan. Harapan adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan bebuah kebaikan di waktu yang akan datang .Yep, thats why everybody have wishes that they can achieve in their life. 

Seperti sebuat quote dari pemain basket profesional – Michael Jordan berikut Some people want it to happen, some wish it would happen, others make it happen.

Untuk menggambarkan artikel manusia dan harapan maka saya akan menuliskan sebuah kisah dari pemain sepakbola “Ricardo Izecson dos Santos Leite atau Ricardo Kaka”. Siapa sangka ternyata Pemain terbaik pada Piala Konfederasi FIFA 2009 itu ternyata pernah divonis oleh dokter akan mengalami lumpuh seumur hidup.



Pada september 2000 ,saat usiannya 18 tahun, sebuah bencana menghampiri hidupnya. Bermula pada saat ia berenang, ia mengalami kecelakaan yang mengakibatkan punggungnya patah. Dokter menyatakan bahwa Kaka tidak akan sembuh dan akan menderita lumpuh seumur hidup. Tidak ada tindakan operasi atau terapi yang bisa menyembuhkannya.


Hidup Kaka hancur berantakan sejak saat itu, kecintaanya kepada sepakbola sangatlah besar, namun semuanya harus berakhir, bahkan sisa hidupnya harus diisi dengan menjalani kelumpuhan.
But he’ll never GIVE UP. Kaka tak putus-putusnya berdoa pada Tuhan. Suddenly, came a big miracle to him. Doa untuk memohon kesembuahn itu akhirnya berbuah manis. Pada tahun 2001 Kaka sembuh total dari penyakitnya. Kesembuhannya tersebut langsung dimanfaatkan Kaka untuk membuat harapannya menjadi pemain sepakbola profesional menjadi nyata. Setiap waktu dimanfaatkan Kaka untuk berlatih sepakbola dan berdoa pada Tuhan. 

Kegigihan Kaka dalam berlatih bermain sepakbola akhirnya membawa ia sedikit demi sedikit menuju harapannya. Kaka bergabung dengan salah satu klub besar dunia AC Milan, ia pun berhasil menjadi salah satu pemain timnas Brasil. Dengan kagigihan Kaka dan sikapnya yang pantang menyerah serta doa yang tiada hentinya kaka berhasil meraih impiannya menjadi pemain bola profesional. Bukan hanya itu, bahkan Kaka berhasil menorehkan prestasi berikut :
  • Bola de Ouro (Golden Ball; Pemain Terbaik Liga Brasil), 2002
  • UEFA Club Football Awards 2004-05, Pemain Tengah Terbaik
  • Pencetak gol terbanyak Liga Champions 2006-07 (10 gol)
  • Pemain Terbaik Dunia FIFA 2006-07
  • Ballon d'Or (2007)
  • Pemain terbaik pada Piala Konfederasi FIFA 2009


Jadi dari kisah diatas bahwa setiap manusia pasti memiliki harapan dalam hidupnya, tetapi kita tidak bolehhanya bergantung dengan harapan.   "Bekerja dan bertindak disertai dengan doa adalah hal yang membawa hasil dari sebuah harapan.untuk itu". We need more actions to make it happen. Hanya berharap yang terbaik belum dapat menghasilkan apa-apa.

Selasa, 27 Maret 2012

I. PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR

 I. Pengertian Ilmu Budaya Dasar (IBD)

Ilmu berasal dari bahasa arab ‘alima, ya’lamu, ‘ilman, dengan wazan fa’ila, yaf’alu, yang berarti mengerti, memahami, benar-benar. Secara istilah ilmu adalah pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan hokum kausal dalam suatu golongan masalah yang sama tabi’atnya, maupun menurut kedudukannya tampak dari luar maupun menurut bangunanya dari dalam (Muhammad Hatta).

Secara umum pengertian kebudayaan adalah merupakan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani.
Pokok-pokok yang terkandung dari beberapa devinisi kebudayaan
1. Kebudayaan yang terdapat antara umat manusia sangat beragam
2. Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran
3. Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi
4. Kebudayaan berstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat, budaya daerah dan budaya nasiona
l

Ilmu budaya dasar (IBD) adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari dasar-dasar dari tentang konsp yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan budaya.

II. Tujuan Ilmu Budaya Dasar 

Tujuan mata kuliah ilmu budaya dasar adalah untuk mengembangkan kepribadian dan wawasan pemikiran, khususnya berkenaan dengan kebudayaan, agar daya tangkap, persepsi dan penalaran mengenai lingkungan budaya mahasiswa dapat menjadi lebih halus. Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut IBD diharapkan dapat :
  1.  Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga   mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka. 
  2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan  merekatentang masalah kemansiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut. 
  3. Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bagnsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat 
  4. Menguasahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancer dalam berkomunikasi.
Jika diperinci maka tujuan pengajaran ilmu budaya dasar itu adalah :
  1. Lebih peka dan terbuka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya, serta lebih bertanggung jawab terhadap masalah-masalah tersebut.  
  2. Mengusahakan kepekaan terhadap nilai-nilai lain untuk lebih mudah menyesuaikan diri.  
  3. Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, hormat menghormati serta simpati pada nilai-nilai yang hidup pada masyarakat.
  4. Mengembangkan daya kritis terhadap persoalan kemanusiaan dan kebudayaan.  
  5. Memiliki latarbelakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan indonesia, 
  6. Menimbulkan minat untuk mendalaminya.  
  7. Mendukung dan mengembangkan kebudayaan sendiri dengan kreatif. 
  8. Tidak terjerumus terhadap sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin ilmu.  
  9. Menambahkan kemampuan mahasiswa untuk menanggapi masalah nilai-nilai budaya dalam masyarakat indonesia dan dunia tana terpikat oleh disipin mereka. 
  10. Mempunyai kesamaan bahan pembicaraan, tempat berpijak mengenai masalah        kemanusian dan kebudayaan.  
  11. Terjalin interelasi antara cendekiawan yang berbeda keahlian agar lebih positif dan komunikatif
  12. Menjembatani para sarjana yang berbeda keahliannya dalam bertugas          menghadapi masalah kemanusiaan dan budaya.  
  13. Memperlancar masalah pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang   yang ditangani oleh berbagai cendekiawan
  14. Agar mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun. 
  15. Agar mampu memenuhi tuntutan dari tridarma perguruan tinggi, khususnya  darma pendidikan.
Dengan ringkas dapat disebutkan bahwa tujuan IBD secara umum adalah :

Pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang timbul dalam lingkungan, khususnya gejala-gejala yang berkenaan dengan kebudayaan dan kemanusiaan, agar daya tanggap, persepsi dan penalaran berkenaan dengan lingkungan budaya dapat diperluas.

III. Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu adalah :[1]

  1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya. 
  2. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.   
 Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD. Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah 

1. Manusia dan cinta kasih
  • Kasih sayang
  • Kemesraan
  • pemujaan
2. Manusia dan Keindahan
  • renungan
  • kehalusan
  • kesarasian
3. Manusia dan Penderitaan
  • rasa sakit
  • kesyahidan
  • siksaan
  • kesengsaraan
  • neraka
4. Manusia dan Keadilan
  • kejujuran
  • pemulihan nama baik
  • pembalasan
5. Manusia dan Pandangan hidup
  • cita-cita
  • kebajikan
6. Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
  • kesadaran
  • pengorbanan
7. Manusia dan kegelisahan
  • keterasingan
  • kesepian
  • ketidakpastian
8. Manusia dan harapan
  • kepercayaan
  • harapan 

Dari pengembangan masalah-masalah tersebut diatas, nampak sekali bahwa orientasi ilmu budaya dasar memang tidak terlepas dari masalah-masalah manusia dan kebudayaannya Kedelapan pokok bahasan (beserta sub pokok bahasan) tersebut diatas pada dasarnya termasuk dalam karya-karya yang tercakup dalam pengetahuan budaya (the Humanities).

Dan sebagai mana dikemukakan, untuk mendekati masalah yang akan dikaji dalam ilmu budaya dasar, baik secara sendiri-sendiri maupun gabungan antar bidang. Perwujudan mengenai cinta kasih, misalnya terdapat dalam karya-karya sastra, tarian, musik, filsafat, lukisan, patung dan lain sebagainya yang semuanya meruakan benda-benda budaya. Untuk itu pokok bahasan mengenai manusia dan cinta kasih dapat didekati dengan menggunakan karya-karya tersebut.

Dengan penyusunan tema-tema semacam itu, dimaksutkan agar mahasiswa lebih mudah dalam mengidentifikasi dirinya dengan masalah yang dibahas dan untuk menunjukkan bahwa hal-hal yang didiskusikan sesuai dengan pengalaman hidup manusia.

Disamping itu agar mahasiswa juga dapat memperhatikan norma-norma yang membantu pendidikan. Walaupun penyusunan semacam itu diharapkan untuk mendekatkan dengan penalaman

 Sumber :